Capek Deh!

SIANG yang panas, dua orang pengemudi bus di wilayah Jalan Soekarno-Hatta (by pass) sedang istirahat makan siang. Mereka terlibat perbincangan serius usai menyantap hidangan makan siang sambil mengipas lap keringatnya beberapa kali.

"Bro, saat ini hampir seluruh wilayah di Lampung terkena kemarau ya, terik banget nih!" kata Udin membuka pembicaraan. "Kasian warga yang saat ini kesulitan air di rumahnya."

"Ya, dampak kemarau ini tidak hanya warga yang kesulitan air," kata Ucok, rekan ngobrol-nya. "Ternyata kemarau ini juga membuat harga-harga sejumlah komoditas, termasuk harga sayuran, bertahan tinggi akibat suplai berkurang. Bahkan, petani terpaksa beralih tanaman."

"Wah, hebat bahasa elu itu ya, ekonomi banget," timpal Udin. "Memang dampak kemarau ini tidak hanya meningkatkan inflasi, juga berdampak pada kesehatan, termasuk banyaknya debu yang beterbangan di jalan."

"Kalau soal debu itu mah karena perbaikan jalan by pass ini yang terhenti akibat kontraktornya pailit," kata Ucok. "Jadi, udah kemarau, pembangunan jalan terbengkalai, lengkaplah penderitaan kita ini ya, debu makin banyak."

"Gue yakin pemerintah pasti enggak bisa berbuat apa-apa terkait masalah kemarau ini," kata Udin. "Mereka pasti beralasan kemarau ini bencana alam, ya tinggal tunggu hujan turun ajalah."

"Iya, kadang kita jadi pesimistis," kata Ucok. "Boro-boro mengatasi masalah kemarau, ngatasi masalah inflasinya aja yang tiap tahun terjadi enggak bisa."

"Ujung-ujungnya pemerintah akan ngomong kalau semua ini terbatas minimnya anggaran yang tersedia," kata Udin. "Sehingga mereka tak bisa melakukan apa-apa. Padahal, belum tentu kalau anggaran ditingkatkan masalah dapat diselesaikan. Kecuali hanya membuat peluang korupsi makin merajalela."

"Wah kalau itu sih masalah kita enggak pernah selesai," kata Ucok. "Capek deh, memang pemerintah kita terbukti enggak bisa mengatasi masalah tanpa masalah, seperti moto pegadaian itu. Asal enggak menimbulkan masalah baru aja udah bagus kok." UMAR BAKTI

Nuansa Lampungpost

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: