Cara Menterjemahkan Artikel Berbahasa Asing

Bagi anda yang kurang memahami bahasa asing (seperti saya, tentunya) dan suka mencari Artikel-artikel di internet baik itu berupa bahan pengajaran, berita hingga mencari informasi-informasi penting lainnya tentu pernah mengalami kesulitan jika mendatangi website berbahasa asing, seperti berbahasa Inggris, jepang, arab, perancis, cina, jerman, spanyol dan website-website berbahasa asing lainnnya, padahal anda sangat memerlukan artikel-artikel dari website-website berbahasa asing tersebut, dan artikelnya biasanya bagus-bagus, tetapi apa daya karena kita tidak ngerti dan tidak paham bahasa asing pada website tersebut,jadinya kita batal mengambil artikel dari website tersebut.

Tapi kini hal tersebut bukan masalah lagi, dan sudah dapat diatasi dengan diluncurkannya “Google Translate” dengan Fitur Bahasa indonesia pada akhir september lalu. Jadi sekarang bagi anda yang memang kurang memahami bahasa asing sudah bukan masalah lagi ,anda sudah dapat membaca dan mengambil artikel dari website berbahasa asing dengan menggunakan Google Translate yang merupakan Penerjemah Website, kata dan kalimat secara Otomatis kedalam bahasa indonesia atau sebaliknya.

Google Translate kini telah mampu menerjemahkan 34 Bahasa termasuk bahasa Indonesia.Google Translate menggunakan standar bahasa Inggris, tetapi kita bisa menerjemahkan bahasa lain, misalnya bahasa Perancis ke indonesia atau sebaliknya. mekanismenya, awalnya mesin ini akan menerjemahkan bahasa perancis ke dalam bahasa Inggris (tanpa terlihat dimonitor) lalu setelah itu baru tampil teks terjemahan dalam bahasa Indonesia di layar monitor kita.

Dalam Websitenya, Google mengatakan Perangkat ini belum memiliki keahlian seperti penerjemah profesional. Hasil penerjemahan website asing dengan Google Translate memang masih banyak kekurangan, dan bahasa yang dihasilkan juga masing banyak yang tidak pas, tetapi walaupun begitu dengan hasil terjemahan yang ada setidaknya kita dapat mengerti isi, atau maksud dan tujuan dari artikel pada website asing tadi dan dapat menyesuaikan serta menyempurnakan kembali dengan bahasa kita sendiri.

Cara menggunakan Google Translate
Pertama masuk dulu ke alamat google Translate
dihttp://www.translate.google.com atau klik disini.

Setelah masuk kedalam website Google translate, terlihat 4 buah tab yaitu :Text and Web, Translated Search, Dictionary dan Toll.

Pilih Tab “Text and Web” akan terlihat 2 Jenis fasilitas Penerjemahan yaitu Translate Text dan Translate a Web page. Untuk menerjemahkan Isi dari suatu website , masukkan alamat website (lengkap pakai http://) yang akan kita terjemahkan pada kotak yang tersedia di bagian “Translate a Web page”
Lalu pada pilihan dibawahnya pilih bahasa yang kita inginkan, misalnya ingin menerjemahkan Website yang berbahasa Inggris ke dalam bahasa indonesia maka pilih English >> Indonesia

lalu klik Terjemahkan dan tunggu sebentar hingga google translate selesai bekerja
pada akhirnya nanti akan muncul pada layar monitor kita tampilan website asing tadi yang bahasanya telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.
Selain menerjemahkan website, pada google translate kita juga bisa menerjemahkan kata atau kalimat tertentu pada bagian “Translate Text” isi kata atau kalimat yang akan diterjemahkan pada kotak “Original Text”, pilih bahasa dan klik translate

Bagi anda yang mempunyai Website/Blog yang berbahasa indonesia , juga dapat memasang Widget/gadget fasilitas Google Translate pada halaman Website/Blog anda, sehingga orang asing bisa berkunjung dan juga dapat membaca isi website/blog anda.

Kode widgetnya dapat dilihat dibawah ini :

copy/paste kode widget google translate diatas kedalam website/blog anda.

Semoga berguna dan selamat mencoba.

http://labarasi.wordpress.com/2011/01/16/cara-menterjemahkan-artikel-berbahasa-asing/

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: